Pers Sangat Dibutuhkan di Tengah Pandemi

By Muhammad Syarif 09 Feb 2021, 05:42:16 WIB DPR RI
Pers Sangat Dibutuhkan di Tengah Pandemi

Keberadaan pers sangat dibutuhkan dalam memberi informasi konstruktif bagi publik di tengah pandemi corona saat ini. Bahkan, kehadiran pers juga sangat membantu pembangunan bangsa dan negara.

Demikian refleksi yang disampaikan Anggota DPR RI Heri Gunawan saat dimintai komentarnya menyambut Hari Pers Nasional, Selasa (9/2/2021). "Peran insan pers sangat dibutuhkan dalam kemajuan suatu bangsa. Dan itu sudah terbukti. Bahkan, peran pers sangat krusial dan strategis dalam menginformasikan perkembangan pandemi Covid-19. Masyarakat membutuhkan informasi yang dapat meningkatkan imun tubuh."

Seperti diketahui, pandemi Covid-19 ini tak hanya menjadi masalah nasional, tapi juga global. Pers, kata legislator asal Sukabumi ini, ikut berperan mengampanyekan pencegahan corona sekaligus mengawasi kebijakan pemerintah menghadapi pandemi. "Kontribusi pers sangat dibutuhkan agar Indonesia bisa bangkit dari pandemi ini," harapnya.

Pada bagian lain, politisi Partai Gerindra itu, juga melihat peran pers dalam membangun demokratisasi dan mempublikasikan panggung politik mutakhir di Tanah Air. Kesuksesan Partai Gerindra sendiri hingga menjadi partai terbesar kedua di Indonesia, tak lepas dari peran pers. Secara tidak langsung pers ikut membesarkan partai yang didirikan Prabowo Subianto itu.

Hergun, sapaan akrab Heri Gunawan, adalah sosok yang sangat dekat dengan insan pers. Gagasan, pandangan, dan kritik tajamnya terhadap kebijakan ekonomi pemerintah selalu terekam dalam pemberitaan pers. Ia menyerukan kepada semua insan pers termasuk semua pihak yang berkepentingan dengan pers, agar menjaga marwah jurnalistik dengan menjalankan peran sebaik-baiknya dan menerapkan kode etik serta norma-norma jurnalistik yang berlaku.

"Sebagai mana pesan Partai Gerindra, izinkan saya mengatakan, teruslah menjadi pewarta yang berimbang, bermutu, dan akurat dalam menyajikan informasi. Teruslah menjadi sekat dalam menyaring lajunya informasi-informasi keliru dan palsu. Tetap jaga profesionalitas dan independensi demi kualitas warta yang tersaji. Selamat Hari Pers Nasional," tutupnya.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment