Jazilul Fawaid Jemput Ety Toyyib Anwar di Bandara Soetta

By Ismi Akbar 06 Jul 2020, 17:18:46 WIB MPR RI
Jazilul Fawaid Jemput Ety Toyyib Anwar di Bandara Soetta

Keterangan Gambar : Jazilul Fawaid (baju putih, kiri) menyambut kedatangan Ety Toyyib (kerudung hitam, kanan) di Bandara Soetta


Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid menjemput pekerja migran Indonesia Ety Toyyib Anwar di Bandara Soekarno-Hatta. Ety adalah pekerja migran yang lolos dari hukuman mati di Arab Saudi dengan tebusan Rp15,2 miliar atau 4 juta real.

Jazilul yang didampingi Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziah itu, menyambut kedatangan Ety sekitar pukul 17:35 WIB, Senin (6/7/2020), di Terminal 3 Bandara Soetta. Ety yang asal Majalengka, Jabar itu, dituduh meracuni majikannya dan telah dipenjara sejak 2002. Ia akhirnya terbebas dari vonis mati dengan membayar uang diyat (uang darah) untuk ahli warisnya.


Pemerintah Indonesia, Duta Besar Indoneseia untul Arab Saudi, dan Lazis NU berkotribusi nyata membantu pembebasan Ety. Jazilul mengungkapkan, sempat terjadi negosiasi dengan ahli waris yang meminta diyat sebesar 30 juta real atau sekitar Rp107 miliar. "Jadi ini prosesnya sangat panjang," kata Jazilul.

Baca Lainnya :


Ety, sambung Jazilul, divonis hukuman mati qishos setelah membunuh majikannya bernama Faisal bin Said Abdullah Al Ghamdi dengan cara diberi racun. 19 tahun dipenjara, kini Ety menghirup udara bebas dan bisa pulang ke kampung halamannya di Desa Cidadap, Cingambul, Majalengka. Saat tiba di Termimal 3, Jazilul langsung menyapa Ety dengan ramah dan mengajaknya berbincang-bincang.

Sebelumnya, berdasarkan penjelasan
Dubes RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel, dana sebesar Rp15,2 miliar tersebut dihimpun oleh Lazis NU selama 7 bulan dari para dermawan, santri, pengusaha, birokrat, politisi, akademisi, komunitas filantropi, dan Pemprov Jawa Barat. Ety sendiri terlihat bahagia bisa terbebas dari hukuman mati tersebut.






Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment