Dikelilingi Zona Merah, Harjamukti Menjadi Kelurahan Terbaik Pencegahan Covid 19 di Depok

By Nandar Soemantri 06 Jun 2020, 08:34:47 WIB Rehat
Dikelilingi Zona Merah, Harjamukti Menjadi Kelurahan Terbaik Pencegahan Covid 19 di Depok

Keterangan Gambar : Sumber dari ccc-19.depok.go.id


Kelurahan Harjamukti, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok mencatatkan penanganan paripurna terkait wabah Covid 19 ini. Pasalnya dari catatan 4 kasus positif, terdapat 4 kasus sembuh pula. Sehingga ini menjadi satu satunya kelurahan yang sangat baik dalam penanganan Covid 19, meskipun Kelurahan Harjamukti ini dikelilingi oleh zona merah.

Adapun Kelurahan Harjamukti ini berdekatan dengan Kelurahan Sukatani, Kelurahan Cisalak Pasar Kelurahan Mekarsari dan Kelurahan Ciracas yang merupakan zona merah Covid 19. Menurut catatan yang dihimpun dalam ccc-19.depok.go.id , Kelurahan Cisalak Pasar terdapat 14 kasus positif dengan 5 kasus sembuh, Kelurahan Mekarsari terdapat 24 kasus positif dengan 13 kasus sembuh, Kelurahan Sukatani terdapat 26 kasus positif dengan 13 sembuh. 

Padahal secara geografis, Kelurahan Harjamukti ini salah satu kelurahan yang berbatasan langsung dengan DKI Jakarta dan terdapat pintu toll cibubur yang menghubungkan langsung dengan DKI Jakarta. Sehingga mobilitas penduduknya terbilang tinggi. 

Angka terkonfirmasi positif yang cukup rendah, yakni 4 orang di Keluarahan Harjamukti ini bisa dibilang berkat kedisiplinan warga masyarakatnya. Sehingga ini patut diapresiasi.

Dalam kesempatan yang sama, Lurah Harjamukti Iwan berupaya terus memastikan seluruh kampung siaga di Harjamukti berjalan dengan baik, Lurah dan ASN Harjamukti pun memonitoing ke beberapa Kampung Siaga Covid-19.

“Dari 16 RW, kita monitoring secara bergilir setiap harinya untuk memastikan semua kampung siaga sudah melaksanakan fungsinya dengan baik,” ucap Lurah Harjamukti, Iwan pada Jumat (15/05).

Tak hanya itu, dalam kegiatan monitoring, juga untuk mengadakan penyemprotan disinfektan disetiap RW yang didatangi.

“Jadi sambil monitoring juga melakukan penyemprotan disinfektan di berbagai sarana umum di masing-masing RW, serta kami juga memberikan masker,” jelasnya.

Padahal Kelurahan Harjamukti ini pada awal Maret 2020 dikejutkan dengan wafatnya salah satu warganya yang terinfeksi virus corona dengan status PDP. Kabar itupun menjadi simpang siur karena saat itu masih terdapat keterbatasan alat swab test PCR. Namun setelah 3 bulan setelahnya, Kelurahan Harjamukti menjadi yang terbaik dalam pencegahan dan penanganan Covid 19. (soe)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment